Wednesday, January 20, 2016

Imankah?



Salah satu pengetahuan yang saya dapatkan dari sakit bapak adalah fungsi liver (hati).

Prof. dr. Iswan A. Nusi -- dokter spesialis internist yang menangani sakit bapak kala itu menjelaskan, bahwa pada dasarnya semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah racun. Liver/hati berfungsi untuk memfilter/menyaring racun dari semua makanan sebelum nutrisi makanan tersebut disebarkan ke seluruh tubuh. Jika fungsi hati sudah menurun, maka otomatis makanan yang tersebar ke seluruh tubuh akan mengandung racun. Dan ketika racun tersebut sampai ke otak, saat itulah kesadaran kita menurun.

Pagi ini, di grup SMC, pak Soesanto Goentoro - salah satu orang luar biasa di grup kami -- sharing ilmu yang baru beliau dapatkan mengenai 'Paradigma Makan'.

"Yang menarik dari pembicaraan saya dengan sahabat saya semalam, bahwa selama ini paradigma makan adalah proses suatu makanan yang masuk ke dalam mulut. Dalam diskusi semalam saya baru menyadari bahwa 'makan' adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita termasuk yang melalui hidung dalam bentuk pernafasan. Jadi oksigen bisa disebut juga makanan dalam bentuk lebih halus. Sebagai murid yang baik, saya terima dulu hasil diskusi ini sambil merenungkan kebenarannya. Jadi, cara 'makan' oksigenpun perlu dilatih. 
Ada aplikasi untuk latihan ini 'anuloma viloma' yang bisa didownload dari google store maupun istore. Semoga sharing ini bermanfaat" [-- edited]

Selanjutnya berbagai komentar dari anggota yang lain bermunculan.

Termasuk dari pak Muh. Rofi'i - orang yang juga luar biasa di grup kami.

"Sangat betul sekali pak Captain, [red. pak Santo memang akrab dengan panggilan Captain karena mimpi 'gila' beliau menjadi pramugara di usia lebih dari 50 tahun] saya dulu juga pernah belajar tentang makanan. Dan ternyata, apa yang kita dengar, kita lihat, dan kita rasakan itu juga termasuk jenis makanan. Kita harus betul-betul menyaring semua makanan yang masuk pada diri pribadi kita.
Salam sukses untuk semua" [-- edited]

Membaca diskusi di grup pagi ini membuat saya berpikir.

Jika liver/hati merupakan alat penyaring dari makanan dalam arti harfiah, apa yang menjadi penyaring dari makanan lain seperti yang disampaikan oleh pak Rofi'i?

Apa yang bisa menyaring 'makanan' yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan?

Imankah?

Bagaimana menurut Anda?


:::[]:::


#SuccessMasteryClub
#ParadigmaMakanan
#FungsiHati
#FungsiLiver

No comments:

Post a Comment