Tuesday, May 22, 2012

Belajar Ga Punya Hati...



Aku mo sok2an aahh kali ini,...
Mo bicara soal bizniz!
Roll
Di tempat kerjaku sekarang ini, boleh dibilang aku dikelilingi oleh para pengusaha; ato bahasa kerennya yang lagi ngetrend: Entrepreneur.
Nah, dari situ aku jadi mengenal beberapa tipe pengusaha. Sekarang perkenankan aku yang masih 'belia' (baca: bodoh) ini memilah beliau2-sang-pengusaha itu menjadi 3 bagian:
(note: pemilahan ini bukan dalam kriteria yang mutlak yaa...)

1. Pengusaha yang punya hati
Pengusaha jenis ini adalah pengusaha yang berhati baik. Artinya, dia ga melulu mikirin untung pribadi dalam menjalankan bisnisnya. Saat menjalankan bisnis, dia emoh ngrugiin rekan bisnis dan haram jelek2in lawan bisnis. Tapi jadinya dia bak MacOm alias Macan Ompong! Hampir semua yang bisnis bareng ma dia seringkali punya kecenderungan ngremehin dan ujung2nya manfaatin dia.

2. Pengusaha yang ga punya hati
Nah, pengusaha jenis ini adalah pengusaha yang punya banyak musuh. Licik, licin... tapi jenius! Jenius disini artinya dia punya banyak ide untuk memajukan perusahaan dan mendapatkan banyak keuntungan. Ga peduli ide itu sesat ato lurus: apapun caranya, hajar saja bleh! Biasanya pengusaha macem ini selain banyak musuh juga punya banyak pengikut. Pengikut2nya sama aja siy: ga punya hati juga. cos cuma mo aman dengan tetep ada deket2 si pengusaha --- ga peduli orang laen susah, asal sendirinya seneng: persetan dah!
Mengutip lagu Bento-nya bang Iwan: Persetan orang susah karena aku,... Yang penting asek, sekali lagi aseekk!!!

3. Pengusaha yang punya separo hati
Tiger!! punya pengaruh terhadap lawan dan rekan bisnis: garang tapi tetep punya hati.
Tipe pengusaha macem gini biasanya punya banyak temen tapi skaligus juga punya musuh lebih banyak daripada jenis pengusaha yang nomor dua.

Laah, iseng2 aku men-survey secara acak adul alias asal-asalan cos cuma ngliat sekelebat doang -- ga bener2 disurvey secara profesional,...
Ternyata dari sekian banyak beliau-sang-pengusaha yang ada di sekelilingku, tipe pengusaha yang nomor dua ini yang lebih banyak!!!

Aku jadi nyengir,... weeeyy, itu artinya aku banyak dikelilingi orang yang ga punya hati yaa...
Hehehe, jaman gene mana ada tempat buat orang baik yang pengen tetep bisa jalan lurus?
Lalu timbul pertanyaan:
Uhm, kalo aku pengen belajar bisnis biar jadi pengusaha, artinya aku harus belajar ga punya hati gitu?

Ya ampuunnn....
Duh





No comments:

Post a Comment