Saturday, February 19, 2011

Empati

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, definisi empati menurut ilmu psikologi adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
Ber-empati memiliki arti melakukan (mempunyai) empati: apabila seseorang mampu memahami perasaan dan pikiran orang lain, berarti ia sudah mampu berempati.

Sedangkan menurutku pribadi [selain apa yang tersampaikan di atas], berempati adalah merupakan salah satu cara kita untuk lebih ‘manusia’: sebab berempati berarti pula kita berpikir menggunakan hati. 

Namun sayangnya tidak banyak diantara kita yang mau menunjukkan ‘kemanusiaan’nya dengan berempati, padahal konflik - seringkali terjadi karena minimnya empati dalam sebuah interaksi. Merasa paling benar, ingin dimenangkan, dan dimengerti tanpa kesadaran bahwa - begitu pula sebaliknya - lawan bicara kita juga merasakan hal serupa. 

Belum terlambat untuk belajar menjadi lebih 'manusia'. Berinteraksilah dengan siapapun yang ada di sekitar Anda seolah Anda berinteraksi dengan orang yang Anda hadapi ketika bercermin!

winking




No comments:

Post a Comment