Wednesday, March 7, 2012

Sabar Yaa...

    Kalau tidak boleh dibilang sering, pasti kita beberapa kali mendengar ada rekan memberi nasihat: 'sabar yaa...' 
     : bahkan kalau kita mau jujur, kita juga sering menasihati rekan kita dengan dua kata itu.



Kira-kira sebulan yang lalu, seorang sahabat kembali menceritakan keluhannya. Keluhan yang sama sejak hampir 6 bulan terakhir ini membebani dia. Saat itu, aku sudah sampai pada batas tidak bisa lagi mengatakan 'sabar yaa...'. Karena aku merasa sudah terlalu sering mengatakan mantra serupa. Lalu, aku tergeragap dalam bisu sementara kepalaku dipenuhi oleh pertanyaan: 'well, gua harus ngomong apa kali ini??'

Then yang terucap adalah: 'aku ga ngerti harus ngomong apa. kamu pasti bosen kalo aku bilang 'sabar''
Dan sang sahabat tertawa, 'iye emang, sumpah aku bosen! tapi kamu jangan bosen ya kalo aku curhat tentang ini lagi' 
 true buddy smiley

Menjadi seorang pendengar, kadang membuat kita mendadak menjadi bijak. Sebab saat itulah kita dituntut untuk bisa memberikan solusi atau paling-tidak-sedikit-opini terhadap apa yang kita dengar. Lebih-lebih jika apa yang kita dengar adalah keluhan orang terdekat kita yang membutuhkan dukungan.

Seperti ilustrasi di atas.

Nasihat 'sabar yaa...' merupakan salah satu nasihat bijak yang paling sering terucap. Cukup dua kata. Tidak lebih. Sangat ringan dan mudah diucapkan, tapi sumpah-mampus-buerat- buanget dilakuin.

Seperti misalnya kalo ada temen cerita abis kena musibah: ditelikung rekan kerja sampe diskors dan dimutasi ke divisi laen yang notabene gajinya lebih rendah - kita dengan entengnya bilang: sabar yaaa... [dibarengin harapan temen kita beneran bisa sabar ngadepin musibah itu]
Bayangin andai kita ada di posisi itu then orang-orang di sekitar kita dengan entengnya bilang: sabar yaaa... [yang ada kita ngelus dada sambil ngebatin: ngomong doang mah enak!]

be polite smiley

2 comments:

  1. Sabar dan sabar.. emang jadi senjata pamungkas terakhir bila tak ada lagi yang bisa kita perbuat dalam menyikapi suatu masalah..

    To iera : Jangan pernah bosen utk bilang "Sabar Yaa.." ke orang yang sdh mempercayakan kamu sebagai tempat curhatan nya, karna bagaimana pun juga kata2 itu lebih menyejukkan daripada tidak ada kata2 sama sekali sebagai respon. Okay..??

    ReplyDelete
  2. Huehehehe, siap bu!
    Tengkyu komennya ;)

    ReplyDelete